Halaman Muka

Rabu, 20 Juni 2012

Developing of Network

By Admin 

Sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat hidup mandiri. Selama perjalanan hidup seorang anak manusia, pasti memerlukan orang lain. Keberadaan individu lain disekitar Kita, disadari atau tidak, sebenarnya melengkapi dan menyempurnakan hidup Kita di dunia. Keberagaman individu disekitar Kita akan menutupi kekurangan Kita sebagai individu dan menambah kekuatan Kita sebagai makhluk sosial. Semuanya saling melengkapi dan menyempurnakan. Inilah salah satu anugrah dari-Nya bagi individu yang berakal.

Kesadaran bahwa dalam hidup ini Kita memerlukan orang lain, diperlukan suatu "kemampuan"  / skill dalam menjalin hubungan "kerja sama" dengan pihak lain. Kemampuan dalam menjalin hubungan dengan pihak lain akan sangat bermanfaat dalam perjalanan kehidupan seorang anak manusia.  Hubungan yang dimaksud dalam ulasan ini adalah sebuah hubungan antar individu dengan cara bermartabat, atas dasar ketulusan nurani dan berkelanjutan. Namun kadangkala untuk membangun hubungan tersebut dengan pihak lain bukanlah perkara yang mudah. Tidak jarang Kita gagal membangun hubungan karena Kita tidak siap atau tidak mempersiapkan diri.



Terkait dengan hal tersebut di atas, di bawah ini ada beberapa tips tentang  cara membangun hubungan "kerja sama" dengan pihak lain :

1. Tentukan Tujuan
Tentukan dengan jelas mengapa  harus bekerja sama. Apa yang akan didapat ? Apa yang bisa Anda berikan? Saat Anda bisa menjawab pertanyaan ini Anda bisa mencari pihak yang tepat untuk diajak kerja sama. Hal ini akan membuat Anda lebih efeketif dan focus pada tujuan Anda. Point pertama ini bukanlah berarti Kita menjadi pemilih. Namun harus dingat juga bahwa hidup itu adalah sebuah pilihan dan ada pepatah orang tua yang menyatakan : " berteman dengan penjual daging kambing akan berbau kambing, berteman dengan penjual parfum akan berbau wangi"


2. Kesan Positif
"Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda” begitu kiranya sebuah tagline sebuah brand terkenal. Kesan pertama memang sangat penting. Banyak orang tidak punya banyak waktu. Berikan kesan positif yang apa adanya. Jangan berlebih-lebihan. Hal ini bisa merusak hubungan dikemudian hari. Ada banyak hal terkait point ke 3 ini,  misalnya silahkan lihat di:  Kesan Pertama dan Bahasa Tubuh Yang Baik


3. Fokus pada Kwalitas
Kita dapat saja membangun hubungan sebanyak mungkin namun yang perlu diingat  adalah kwalitas dari hubungan yang terjalin. Hubungan yang terjalin tanpa "kwalitas" akan terasa hambar tanpa makna tanpa arti atau kata anak muda sekarang : "just say hello" saja. Bila Kita memiliki banyak hubungan antar individu, tentukan prioritas dari kwalitas hubungan tersebut.


4. Hargai Pendapat dan Kebiasaan
Setiap individu atau kelompok individu pasti memiliki kebiasaan dan budaya tersendiri. Kita sepatutnya menghargai pendapat dan kebiasaan mereka. Namun penghargaan terhadap pendapat dan kebiasaan mereka tersebut tidaklah berarti Kita akan "larut" bila mana hal tersebut telah berada di luar norma masyarakat dan "nilai" yang Kita anut.


5. Tunjukan Antusiasme
Tunjukan bahwa Kita sangat senang bisa mengenal orang atau organisasi tersebut. Lakukan dengan tulus. Cobalah untuk memahami dan mengenal mereka secara mendalam terlebih dahulu. Orang lain akan lebih senang bila Kita mengenal dan mau memahami mereka. Dan ini adalah salah satu kunci dalam membangun kepercayaan, silahkan lihat disini.


7.Tawarkan Bantuan Dengan Tulus
Jangan ragu untuk menawarkan bantuan. Jika Kita memang merasa sanggup untuk membantu, mengapa  Kita menunggu mereka meminta? Bersikaplah proaktif. Bantuan yang Kita berikan pasti kembali  suatu saat nanti.



Mudah-mudahan beberapa "jurus" di atas dapat membantu dalam upaya membangun "jaringan" dalam kehidupan ini. Dengan membangun networking, maka akan lebih mudah dalam banyak hal dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Sebagai penutup, ada kata-kata bijak yang sering didengungkan dalam pelatihan / training yaitu: " ...Together We Can... " , dan hasilnya menjadi LUAR BIASA seperti clip di bawah ini. Sukses Selalu dan selamat menikmati, oke...



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...