Halaman Muka

Jumat, 08 Juni 2012

The Zodiak and Performance, Part I

Bagian Pertama dari Tiga Tulisan
Dalam setiap penerimaan karyawan baru, proses wawancara / interview merupakan sebuah proses yang sangat penting. Proses interview dapat dikatakan merupakan jendela bagi penerima calon karyawan dalam hal ini perusahaan dan juga jendela bagi sang calon karyawan. Proses interview yang penulis kenali biasanya ada dua macam. yang pertama adalah proses interview yang dilakukan oleh team Human Resources Department (HRD) baru kemudian diakhiri oleh team end user (atasan langsung sang calon karyawan). Yang kedua, ada yang dilakukan oleh oleh team end user dahulu baru kemudian oleh team HRD. Tentu saja untuk proses yang lain seperti test tertulis, test kesehatan dan lain-lain tidak begitu saja ditinggalkan.

Proses interview dikatakan merupakan jendela bagi kedua belah pihak karena beberapa hal sebagai berikut. Bagi perusahaan, perusahaan berupaya menggali sebanyak-banyaknya informasi dan potensi dari calon karyawan yang diperlukannya. Dan bagi calon karyawan, merupakan sebuah wahana untuk menggali sebanyak-banyaknya informasi posisi dan profile perusahaan itu sendiri.

Dalam proses interview beberapa tahun yang lalu, seorang rekan kerja selalu berkata : ".... Jangan lupa Bro... Tanggal lahirnya bulan apa, zodiaknya apa dan liat primbon...". Saya sempat berfikir dia bergurau, namun  rekan tersebut menjelaskan panjang lebar dari sisi psykologis bahwa ada "benang merah" zodiak seseorang dengan prediksi performance-nya kelak. Meski ini termasuk pseudoscience , namun menurutnya dapat dipertimbangkan. 
Tulisan di bawah ini hanyalah sekedar "uthak athik ghatuk", namun menurut Buku Pintar karya Iwan Gayo, rangkuman tentang sifat manusia atas dasar zodiak didasarkan atas pengamatan meski belum banyak karya ilmiah dengan metode ilmiah pula yang membenarkannya. Salah satu yang mungkin jadi bahan referensi adalah buku "Smart In Personality" karya Armaya Junior. 

Sebagai catatan, penulis (admin Blog ini) lebih menekankan pada sebagai salah satu alat bantu untuk mencoba mendeskripsikan seseorang dari sisi zodiaknya.  Dan masih banyak alat bantu yang lain untuk mendeskripsikan seseorang terutama dalam hal ini proses interview atau berkenalan dengan seseorang yang baru kita kenal.  Dan penulis lebih menekankan bahwa setiap individu memiliki potensi yang sama, kesempatan yang sama, waktu yang sama dan peluang yang sama untuk menggapai sukses dalam hidup kini dan "nanti". Oke... inilah rangkumannya dan Kita mulai dari zodiak di Bulan Juni ini...

Source : depositphotos.com
PEGAWAI GEMINI
21 Mei - 20 Juni
Gemini, zodiac bintang ketiga yang dikuasai oleh planet Mercury. Orang yang lahir pada bulan Gemini ini adalah orang yang pinter, haus akan pengetahuan dan cepat berkembang. Dia juga salah satu orang yang cepat mengerti atau cepat menguasai sesuatu yang ia pelajari. Sudah tidak heran lagi jika banyak orang Gemini yang sangat menonjol dalam masalah pendidikannya dan lingkungan sekolahnya. Selain pintar orang Gemini juga dikenal menarik, mempunyai daya tarik tersendiri dan gampang beradaptasi. Mereka bukan orang yang sepantasnya didiamkan di rumah. Tidak ada aktifitas atau kejenuhan bisa membuat dia mati kebosanan. 
 
Orang Gemini adalah tipe yang tidak bisa diam di rumah dan gemar bepergian dan menjelajah, mereka hobi bertemu pengalaman baru sebanyak mungkin dan bertemu teman baru sebanyak mungkin. Orang Gemini sangat antusias dan semangat, imaginatif dan banyak akan ide ide cemerlangnya. Mereka juga periang, komunikatif, suka gossip, orang Gemini adalah salah satu yang paling suka ngobrol di dalam 12 zodiac perbintangan. 
 
Lambang Gemini adalah dua kembar yang sedang bersama, para astrologer percaya bahwa orang Gemini mampu melakukan multi-tasking yaitu melakukan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan dan mempunyai dua sifat yang berbeda. Jika hari ini mereka girang, cerewet, nakal, keesokannya bisa tiba tiba menjadi sedih, pendiam dan alim. Sifatnya yang suka berubah bisa disamakan seperti lambangnya Gemini yang mempunyai dua orang yang berbeda, maka dari itu sulit untuk menebak moodnya yang tidak tetap. Salah satu kekurangannya yang dimiliki orang Gemini mereka cenderung mempunyai perasaan yang gugup dan tidak tenang, tetapi jika mereka mau berkonsentrasi cukup untuk meraih cita citanya mereka akan sukses.

Para Gemini cenderung sulit untuk berkonsentrasi pada satu pekerjaan dalam jangka waktu panjang. Mereka memiliki pemikiran yang selalu bergerak dan suka untuk membicarakan ide mereka dengan orang lain. Mereka mengharapkan interaksi sosial bahkan walaupun pekerjaan mereka tidak mendukung hal itu. Anda dapat dengan mudah menemui mereka menyebar gosip diberbagai sudut kantor. Mereka dapat menjadi orang yang mampu membujuk dengan sangat baik dan merupakan sales atau mediator ideal. Mereka suka bernegosiasi dan dapat mencari solusi yang paling pas bagi semua orang yang terlibat dalam negosiasi ini. Jika mereka mendapat stimulasi yang tepat, mereka akan cenderung mampu memfokuskan diri dan bahkan cukup produktif. Jika mereka bosan, atau terbebani dengan pekerjaan yang detil, atau terpaksa untuk bekerja dengan orang yang mereka anggap membosankan, mereka dapat segera menjadi "jahat" dan cenderung penuh gosip.

Mood mereka dapat berubah dengan luar biasa cepat, sebagaimana juga dengan produktivitas mereka. Memaksa mereka bekerja dalam jadwal dan lingkungan yang biasa saja adalah tindakan yang berlawanan dengan sifat alami mereka. Mereka lebih suka "berjalan-jalan". Jika mereka berada di kantor, mereka membutuhkan stimulasi terus-menerus. Sebagaian besar orang Gemini akan berusaha berkembang juga mereka melihat bahwa inilah satu-satunya cara untuk membuka batasan dalam pekerjaan mereka. Hal ini dapat memotivasi mereka untuk ‘memaksa’ mereka bekerja ekstra keras. Jika anda bekerja dengan orang Gemini, usahakanlah untuk menghindari berdebat dengan mereka, mereka akan cenderung menang. Terkadang hal ini akan meninggalkan "bekas" di hati anda. Mereka membutuhkan lingkungan kerja yang menerima mereka yang mampu mendukung mereka untuk melakukan "multi tasking".


Source : depositphotos.com
PEGAWAI CANCER
21 Juni - 22 Juli
Cancer, symbol kepiting dalam zodiac astrology barat yang menempati di urutan ke empat. Cancer adalah lambang perlindungan, yang lahir dalam bintang ini mereka mempunyai sifat melindungi dan emosional yang dalam, orang Cancer meraih keinginannya secara konstan dan tidak putus putus. Orang Cancer juga dikenal cerdas dan salah satu zodiac barat yang paling susah ditebak. Bintang Cancer dikuasai oleh bulan dan elemennya adalah air, jadi para astrologer di dunia percaya bahwa mood mereka yang selalu berganti bisa dibandingkan dengan air laut yang pasang surut. Maka dari itu orang Cancer harus diberikan perhatian yang lebih dikarenakan oleh moodnya yang tidak tetap tersebut. 

Umumnya orang Cancer mempunyai semangat yang tinggi dan ide ide cemerlang. Mereka baik hati kepada sesama tetapi tidak mudah menerima orang sebagai teman, mereka sangat berhati-hati. Orang Cancer juga pecinta keluarga dan orang Cancer paling cocok kalau dijadikan sebagai orang tua dikarenakan orang Cancer sangat setia, melindungi (bahkan cenderung terlalu melindungi) dan menghargai keluarga dan anaknya sekaligus berperan sebagai pengasuh yang aktif dalam masa pertumbuhan anak anaknya. 

Orang Cancer juga tidak terhindarkan dari popularitas, mereka amat dikenal karena kecerdasannya, bakat dan sifatnya yang menarik. Mereka juga sensitif dan dalam masalah cinta orang Cancer mempunyai hasrat yang kuat, sangat romantis dan penyayang. Karena sifatnya yang penyayang, peduli dan melindungi orang Cancer sering dijadikan tempat teman temannya mencurahkan hatinya dan mencari solusi akan permasalahannya. Banyak orang orang sukses yang lahir dalam bintang Cancer. Mereka cocok jadi artis, musikus dan penulis. Orang orang Cancer yang bersimbol kepiting adalah salah satu pemikir yang hebat.
 
Pegawai Cancer tidak membutuhkan pekerjaan untuk memberi makan "ego" mereka, pekerjaan bagi mereka adalah pekerjaan, dan itulah jalan bagi mereka untuk mendapat uang. Mereka bekerja dengan sangat stabil dan umumnya sangat dapat diandalkan. Anda sangat dapat mengandalkan mereka masalah ketepatan waktu dan dalam melakukan apapun yang perlu. Mereka tidak tertarik terlibat dalam perebutan kekuasaan atau mereka juga tidak akan marah jika ada orang lain yang maju mendahului dia. Mereka mampu menerima semua situasi, karena mereka melihat hal ini sebagai suatu pijakan dalam susunan tangga. Motivasi mereka adalah rasa aman.
 
Mereka akan meminta gaji lebih tinggi, semakin lama mereka berada dalam perusahaan yang sama. Mereka khawatir untuk memenuhi kebutuhan mereka besok, maka mereka menginginkan posisi yang stabil dengan resiko yang tidak tinggi. Para pegawai Cancer ini terkadang dapat memasuki saat-saat "gelap" mereka. Dalam saat-saat ini, umumnya produktifitas menurun, sebagaimana juga semua orang di kantor. Mood mereka dapat menjadi sangat kuat, sehingga mempengaruhi banyak orang. Untuk menghindari hal ini, para manajer dan rekan kerja sebaiknya membuat kantor terasa senyaman dan seramah mungkin. Jangan pernah memaksa mereka mengungkapkan pemikiran mereka yang paling dalam, karena kecenderungan mereka adalah untuk bersikap rahasia dan protektif. Usaha kita untuk membuka pribadi mereka dapat diartikan sebagai usaha untuk mengganggu rasa aman mereka.


Source : depositphotos.com
PEGAWAI LEO 
23 Juli - 22 Agustus 
Leo , zodiac astrology barat yang berada di urutan ke lima. Bintang yang satu ini dikuasai oleh matahari dan orang orang yang tergolong dalam bintang zodiac Leo ini dinamis, percaya diri, kuat, dan menjalani hidup semaksimal mungkin. Orang orang Leo adalah salah satu pemimpin di dalam lingkaran dua belas zodiac astrology barat. Mereka yang berbintang Leo umumnya berterus terang dan apa adanya. Walaupun orang leo kadang suka kelihatan sedih tetapi mereka adalah orang yang optimis dan tidak suka akan kegagalan. Reputasi dan status adalah salah satu prioritas paling depan untuk sang Leo. Kelakuan atau tindakan sang Leo sering kali menginspirasi atau memotivasi orang orang yang berada di sekitarnya.

Mereka gemar akan ketegangan dan berhadapan dengan situasi yang baru. Orang Leo juga dikenal murah hati tapi juga kadang suka memamerkan kehebatan mereka. Orang Leo juga cenderung suka melakukan sesuatu tanpa perencanaan yang matang tetapi dikarenakan mereka mempunyai semangat yang besar mereka dapat menuntaskan misi mereka dengan sukses kecuali jika dengan tiba tiba dikuasai oleh kejenuhan maka sering kali mereka melepaskan suatu misi yang belom kelar dan pindah atau melakukan misi yang baru.

Bagi orang Leo semua hal yang mereka lakukan itu adalah yang terpantas buat mereka, mereka jarang sekali mendengar masukan dari orang lain, jadi hal yang sia sia jika ada yang mencoba untuk menasehatinya untuk melakukan hal yang sebaliknya. Mereka adalah petarung yang optimis dan tidak mudah putus asa. Untuk berteman dengan orang Leo umumnya amat muda. Leo adalah lambang zodiac positif, jadi jika mereka sedih biasanya tidak akan lama.


Para Leo ingin tampil sebagai orang yang "paling" di kantor. Bahkan jika mereka tidak mampu memimpin, maka mereka akan cenderung mencari segala kesempatan untuk meningkatkan status mereka, dan jika seseorang berada didepan mereka, waspadalah. Mereka akan menunjukkan ketidak sukaan mereka dengan terus menerus cemberut dan mengeluh. Mereka butuh peningkatan sampai mereka mau untuk menerima tanggung jawab lebih dan membawa beban lebih daripada semua orang di kantor. Mereka juga orang yang suka mempromosikan diri sendiri. Mereka sangat cenderung untuk mengatakan kepada semua orang bahwa betapa hebatnya pekerjaan dia.
 
Mereka juga suka sekali untuk memberikan nasihat-nasihat walaupun tidak diinginkan. Mereka tahu bahwa mereka superior, dan menginginkan agar semua orang tahu akan hal ini. Kesombongan mereka dapat meyebabkan masalah pada saat bekerja dengan atasan. Secara tipikal, mereka hanyalah pekerja keras yang ingin menunjukkan kepada semua orang siapa diri mereka. Mereka cenderung hebat di posisi sales, posisi dimana mereka dapat mempromosikan produk atau perusahaan, sebagaimana mereka mampu mempromosikan diri sendiri. Kekuatan dan kesombongan mereka juga bukan cuman sekedar tontonan. Dalam posisi kritis, Loe cenderung mampu menunjukkan keberanian mereka. Leo ingin memimpin dan akan selalu mendorong untuk mendapat tanggung jawab dan penghargaan lebih. Mereka suka melatih dan membimbing rekan kerja baru, sebagai mana mereka suka memberi nasihat dan berada dalam posisi berkuasa. Jika anda berusaha mengatur pegawai Leo, anda akan membutuhkan banyak pujian, tanggung jawab, dan kebebasan untuk diberikan kepada mereka. Hanya, anda perlu berhati-hati, jangan sampai akhirnya dia mengambil alih pekerjaan anda.


Source : depositphotos.com
PEGAWAI VIRGO 
23 Agustus - 22 September 
Virgo adalah zodiac perbintangan barat urutan ke enam dengan lambang seorang gadis. Orang yang tergolong dalam bintang Virgo adalah orang yang cerdas, cepat dalam berpikir dan sangat berhati hati. Dengan planet Mercury yang mempengaruhi zodiac ini orang Virgo umumnya sopan, berpenampilan menarik, sopan santun dan bawaannya tenang. Orang Virgo sangat mengenal dan menghargai nilai bakat dalam dirinya. Mereka juga dapat dipercaya dan sering dimanjakan oleh keluarganya. Berhasrat kuat dan konvensional, orang Virgo di dalam penampilannya yang tenang dan santai terdapat perasaan emosional yang dalam.

Walaupun tidak suka memamerkan kelebihan mereka orang Virgo amat cerdas dan mempunyai daya imajinasi yang bagus. Dengan tanah sebagai unsur elemen mereka membuat orang Virgo bersifat konservatif dan penuh waspada. Mereka bukan orang yang pelit namun juga bukan tipe yang suka boros dan suka menghamburkan uang. Selain suka bermain orang Virgo juga tipe pekerja keras, dapat diandalkan untuk bertanggung jawap atas sesuatu yang mereka lakukan dan sering kali memberi bantuan kepada teman yang sedang memerlukan.

Kesetiaan juga salah satu bagian dari karakter orang Virgo dan jika dikhianati atau tertipu mereka tidak akan melupakannya. Biasanya orang Virgo cenderung bersifat kedewasaan lebih cepat dibandingkan yang lain. Mereka juga popular dan sering dijaga oleh kawan kawannya. Orang Virgo juga dikenal sebagai orang yang haus akan kesempurnaan. Kedewasaan dan diplomatis yang tinggi membuat orang Virgo dapat berteman akrab dengan siapapun walaupun pada dasarnya orang Virgo adalah tipe orang yang pendiam dan penyendiri dan biasanya akan menghindar dari keramaian. Orang Virgo juga higinis, bersih, rapi dan tidak suka dengan kemalasan dan sesuatu yang sering ditunda.

Dalam situasi yang tepat, Virgo akan suka bekerja. Mereka akan dapat menjadi pegawai ideal, dengan bahagia mau bekerja sampai malam dan memastikan semuanya berjalan sempurna. Jika anda mencari pegawai yang tidak keberatan untuk memulai segala sesuatunya dari posisi terendah, maka carilah pegawai Virgo. Mereka tidak akan pernah mengeluh mengenai posisi. Mereka merasa cukup dengan pekerjaan dasar dan jujur. Tetapi perasaan cukup ini tidak selalu nampak. Mereka sangat cerewet dan cenderung mudah khawatir. Mereka cepat mengkritik mengenai cara melakukan sesuatu di kantor.
 
Mereka adalah orang pertama yang akan segera menunjukkan sikap tidak setuju mengenai apa yang mereka anggap sikap extra vagant atau kemalasan. Mereka tidak suka menusuk, jujur dan tidak suka bertele-tele mengenai apa yang mereka anggap kurang benar. Biasanya hal ini akan ditumpahkan kepada mereka yang melakukan pekerjaan yang "setengah matang" atau orang yang tidak memperhatikan rekan kerja yang lain. Anda harus terus menerus meyakinkan mereka, tetapi hal ini hanya akan sedikit menahan keresahan mereka. Mereka sebenarnya menikmati untuk merasa khawatir, dan anda tidak akan bisa banyak melakukan sesuatu tentang hal ini. Anda cukup memberikan proyek secara detil dan membiarkan mereka bekerja sendiri. Anda tidak perlu mengawasi seorang Virgo dalam bekerja.
 
Mereka akan mencari semua fakta sebelum mulai dan akan segera mengetahui semua kesalahannya ketika mereka selesai. Untuk menjaga "kebetahan" mereka bekerja, anda perlu memperhatikan kondisi lingkungan, agar tetap teduh dan rapi. Anda juga perlu memberikan tanda-tanda penghargaan, walaupun kecil untuk mereka. Mereka tidak butuh sesuatu yang mewah, cukup untuk memberikan penghargaan kecil yang tidak perlu sampai membuat mereka memerah malu. Mungkin mereka akan menghela napas dan hanya mengatakan “Ah, nggak ada apa-apanya kok.” Tetapi didalam hati mereka membutuhkan pujian kecil seperti ini.

Nah... untuk zodiak yang lain, Kita nantikan dalam uraian selanjutnya, Oke..

Source :
http://my.horoscope.com







Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...