Halaman Muka

Sabtu, 23 Juni 2012

The Zodiak and Performance, Part II

Bagian Kedua dari Tiga Tulisan

Beberapa  waktu lalu Kita telah melihat "uthak athik ghatuk" tentang performance seorang individu dalam dunia kerja atas dasar zodiaknya (silahkan lihat disini : The Zodiak and Performance, Part I). Sebagai catatan untuk diingat bahwa penulis lebih menekankan pada sebagai salah satu alat bantu untuk mencoba mendeskripsikan seseorang dari sisi zodiaknya.  Dan masih banyak alat bantu yang lain untuk mendeskripsikan seseorang terutama dalam hal ini proses interview / berkenalan / memahami perilaku dengan seseorang yang telah lama atau  baru Kita kenal.  Misalnya : golongan darah, pekerjaan, almamater, dan lain sebagainya.

Dan penulis lebih menekankan bahwa setiap individu memiliki potensi yang sama, kesempatan yang sama, waktu yang sama dan peluang yang sama untuk menggapai sukses dalam hidup kini dan "nanti".  Nah.. pada ulasan kali ini Kita akan membahas tentang 4 zodiak lainnya terkait hal tersebut di atas.


PEGAWAI LIBRA 
23 September-22 Oktober
Libra adalah zodiac perbintangan barat urutan ke tujuh dengan lambang timbangan. Satu satunya lambang dalam dua belas zodiac barat yang bukan manusia ataupun hewan. Lambang timbangan dalam zodiac Libra artinya keadilan dan keseimbangan. Mereka yang lahir dalam pengaruh zodiac yang satu ini mempunyai rasa atau unsur keadilan, tidak bisa toleransi akan ketidakadilan, melakukan sesuatu berdasarkan peraturan dan mencintai kebersamaan. Gara gara sifat inilah yang membuat orang Libra menjadi salah satu orang yang paling berkemanusiaan dibandingkan dengan orang dengan zodiac yang lain. 

Mereka simpatik, banyak orang yang kagum pada sang Libra dan orang Libra tidak akan diterlantarkan karena mereka adalah teman yang baik dan perhatian. Libra juga adalah salah satu zodiac yang paling suka bergaul. Libra juga pecinta damai dan biasanya akan menghindar dari berbagai konflik. Mereka lebih cenderung mendengarkan apa yang orang mau ceritakan dari pada menyelidiki apa yang sedang terjadi. Mereka pendengar yang baik tapi mereka juga mengharapkan hal yang sama terhadap mereka. 

Orang Libra juga tipe orang yang berhati hati dan tidak suka memalukan siapapun di tempat umum, maka dari itu tidaklah heran jka orang Libra jarang mempunyai musuh. Walaupun tidak begitu tegas dalam memutuskan sesuatu dan agak plin plan dalam bertindak, orang Libra dapat dipercaya dan setia terhadap teman teman dan keluarganya. Orang Libra menghargai setiap seni dan keindahan duniawi. Libra dipengaruhi oleh planet Venus yang diartikan dengan keindahan dan kemewahan. Pada umumnya orang Libra amat atraktif, penuh daya tarik dan romantis terhadap pasangannya. Bagaimanapun juga orang Libra adalah makhluk pencari keindahan, keseimbangan atau keselarasan dalam hidup.
 
Libra adalah pegawai yang detail, pekerja yang penuh dedikasi dengan sifat alami yang sensitif. Para manajer dan rekan kerja terkadang merasa kesulitan menangani mereka. Mereka mengambil energi dari kantor dan tidak mampu mencegah energi itu mempengaruhi mereka. Suara keras, warna-warna norak akan benar-benar mengganggu mereka sampai mereka tidak mampu memenuhi kewajiban mereka di kantor. 

Bisa saja dalam suatu hari ia nampak sangat brilian, pekerja keras, dan ambisius. Tetapi esoknya ia datang dengan kondisi down, gampang tersinggung, dan sama sekali tidak menghasilkan apa-apa. Rekan kerja Libra tidak perlu ‘menjauihi’ jika bertemu mereka dalam kondisi ini. Biasanya hanya akan bertahan sebentar, karena kebahagiaan kecil sudah cukup mengusir ‘kegelapan’ para Libra. 

Katika para Libra berada dalam kondisi yang seimbang, mereka dapat masuk kantor dengan kondisi kuat, maka mereka akan menyentuh segala sesuatu di kantor dengan luar biasa. Dibalik mood yang terkesan kacau itu, sebetulnya mereka adalah orang yang bahagia dan stabil. Mereka mampu menghasilkan pemikirian logis yang hebat dan mampu mengevaluasi suatu masalah dari semua sisi sebelum mengambil tindakan yang diperlukan. 

Mereka adalah orang paling cerdas diantara horoskop lainnya. Mereka adalah mediator dan peneliti ulung. Kepekaan mereka terhadap lingkungan menjadikan mereka mampu menjaga segalanya nampak baik secara alami. Mereka akan dengan mudah membantu memecahkan konflik orang lain dan dapat bertindak sebagai perantara antara pegawai dan majamemen, sehingga kedua belah pihak merasa bahagia. 

Jika anda ingin pegawai Libra anda tetap tersenyum, beri penghargaan kepada mereka, beri mereka posisi yang memungkinkan mereka memancarkan kharisma dan diplomasi mereka. Mereka tidak akan nyaman untuk terus menerus menerima perintah, atau dengan cara lain, pastikan bahwa mereka diberi tanggung jawab dengan proporsi yang terus meningkat.


PEGAWAI SCORPIO 
23 Oktober- 21 November
Scorpio adalah zodiac perbintangan barat urutan ke delapan dengan lambang kalajengking. Scorpio dianggap sebagai bintang yang paling dalam dan misterius dalam kedua belas zodiac perbintangan barat. Orang yang berbintang Scorpio adalah orang yang kompleks, intuisif dan menjalani hidupnya semaksimal mungkin. Orang orang Scorpio adalah salah satu pemimpin dalam dunia perbintangan barat. Mereka mempunyai banyak hikmah tersembunyi dan kebijaksanaan sehingga sering kali dicari untuk panduan hidup bahkan sebagai guru. Mereka cerdas, walaupun penuh dengan rahasia orang Scorpio gemar mencari dan membuka atau membeberkan jawaban dalam misteri misteri kehidupan. 

Orang Scorpio biasanya mempunyai kemampuan untuk mendeteksi apa yang sedang terjadi di belakang layar dalam peristiwa. Rasa emosional yang tinggi dan sensitif, orang Scorpio paling nyaman jika sedang menyendiri atau kumpul dengan teman teman tertentu yang dia merasa paling dekat. Orang Scorpio juga biasanya tidak bergantungan pada orang lain dan jarang mengambil nasehat dari luar. Mereka percaya diri dan melakukan sesuatu berdasarkan nalurinya. Mereka pejuang yang suka mengambil resiko tinggi dan mempunyai keberanian yang besar. Walaupun tenang dan santai bawaanya orang Scorpio mempunyai ego yang besar. Keinginannya kuat dan bukan tipe yang dapat menerima kegagalan. 

Orang Scorpio bisa menjadi teman yang paling setia atau musuh yang paling berbahaya. Bersama zodiac Capricorn, mereka berdua adalah bintang yang mempunyai emosional paling kuat dibandingkan dengan bintang lainnya. Scorpio dinamis, kuat, tegas dan tidak gampang menyerah. Biasanya orang Scorpio adalah pemimpin atau peran yang berpengaruh dan penting dalam orang orang di sekelilingnya. Sisi negatifnya adalah mereka pendendam, tidak mudah memaafkan dan amat pencemburu. Jika patah hati mereka akan sedih berlarut larut dan berkepanjangan dibandingkan dengan zodiac lainnya.
 
Pegawai Scorpio umumnya memancarkan percaya diri yang tenang. Mereka orang yang puas dengan kondisi yang ada dan tidak bergantung pada orang lain mengenai harga diri. Mereka menyimpan rahasia pribadi dirinya dan dengan sangat baik memisahkannya dari pekerjaan mereka, dan mereka mampu memberikan tanggung jawab penuh untuk segala tingkah laku dan situasi mereka. 

Mereka tidak mencari-cari alasan, mereka hanya mengurusi bisnis dan mengharapkan orang lain melakukan hal yang sama dengan mereka, dan bagi mereka yang tidak, entah itu rekan kerja maupun atasan, akan berhadapan dengan kemarahan kaum Scorpio. Mereka tidak keberatan membuka apa yang ada di kepala mereka, mengenai apa yang mereka anggap salah, kapanpun anda memintanya. Dan ketika anda mempermainkan kemarahan mereka, bersiaplah menerima pembalasan dendam. Mereka tidak akan mau menerima hinaan, atau musuh yang bersantai ria. 

Jika anda menjadi atasan pegawai Scorpio, pastikan anda menepati janji anda, karena Scorpio menjaga segala janji anda dan akan segera membangun perasaan enggan terhadap anda jika anda melanggar janji anda. Anda mungkin tidak menyadarinya, sampai akhirnya anda terlambat, tetapi jika akhirnya seorang scorpio merasa anda sudah mulai keterlaluan, anda akan segera mengetahuinya.  Seorang Scorpio akan bertindak sesuai dengan bagaimana lingkungan memberlakukan mereka. Jika mereka mendapat apa yang mereka mau, mereka akan sangat menerima kondisi dengan baik.

Jika anda ingin bekerja sama atau memotivasi seorang Scorpio, pastikan anda memperlakukan dirinya dengan penuh hormat dan profesional. Beri mereka tantangan kerja yang memungkinkan mereka untuk mendayagunakan kepercayaan diri dan keberanian mereka yang luar biasa.
  
PEGAWAI SAGITARIUS 
22 November-21 Desember
Sagittarius adalah zodiac perbintangan barat urutan ke sembilan dengan lambang centaur. Sagittarius adalah lambang mandiri, penjelajah dunia dan jiwa kebebasan. Sagittarius dikuasai oleh planet Jupiter yang disamakan dengan arti keberuntungan. Sagittarius pada umumnya adalah orang yang beruntung, para astrologer percaya bahwa sekali Sagittarius menggunakan panahnya mereka akan mendapatkan sesuatu yang mereka targetkan. 
 
Orang Sagittarius memberi aura yang positif, ceriah, dan sifat yang optimis. Mereka pecinta kebebasan dan lebih memilih apa yang akan mereka lakukan keesokan hari dari pada memikirkan kesalahan yang mereka perbuat hari ini. Mampu melakukan berbagai tugas dalam waktu yang bersamaan orang Sagittarius juga tipe yang selalu bergerak dan pecinta olah raga. Mereka sangat aktif dan selalu menjelajah ke berbagai aktivitas, pengalaman dan hobi. Kemungkinan sekali orang yang lahir pada bintang Sagittarius mendapatkan kelelahan yang berlebihan secara fisik maupun mental dikarenakan sifatnya yang tidak bisa diam dan mudah bosan. 
 
Orang Sagittarius juga orang yang penuh keyakinan dan berambisi besar. Mereka juga pemberani dan suka mengambil resiko. Sagittarius gemar bergaul, orang yang pandai berbicara, penuh humor, dan salah satu zodiac bintang yang paling ramah. Baik hati, orang Sagittarius suka menolong orang dan tidak mengharapkan apa apa sebagai balasannya. Sagittarius tidak suka menyembunyikan pemikiran atau kesedihannya di dalam hati, semua itu biasanya akan otomatis keluar melalui bibirnya dan dibagi kepada orang orang di sekelilingnya. Sisi buruknya para Sagittarius yaitu mereka suka ceroboh dan dikarenakan sifat mereka yang suka kebebasan mereka mengalami kesulitan untuk berkomit untuk menjalani hubungan dalam waktu yang lama. Mereka juga dikenal sangat temperamental dan terlalu berterus terang.
Pegawai Sagitarius cenderung keras kepala, ceria, dan selalu siap membantu. Mereka memancarkan percaya diri yang tinggi dan menerima tugas bagaikan tidak ada hari lain untuk bekerja. Mereka bahkan berani menerima tantangan proyek sulit selama proyek itu menantang dan membuat mereka terlepas dari rutinitas. 

Mereka cukup beruntung, karena kepribadian mereka yang bersinar, dan antusiasme tinggi mereka memuat mereka nampak bagaikan titik terang di kantor, atau kalau tidak, maka para rekan kantor akan segera membangun perasaan bermusuhan terhadap rekan yang nampak sombong dan flamboyan. Kecenderungan mereka untuk membesar-besarkan sesuatu, dan juga untuk menerima beban lebih dari kemampuan mereka pada umumnya menyebabkan jadwal yang tidak tepat pada waktunya.

Bukan karena mereka malas atau suka menunda nunda, tetapi karena antusiasme mereka terkadang terlalu menguasai. Mereka memiliki sikap yang easy going yang memungkinkan mereka tetap tersenyum walaupun segala sesuatunya kacau. Hanya karena mereka fleksibel dan easy going, maka tidak berarti bahwa mereka tidak akan mengatakan kepada anda bagaimana persisnya perasaan dia ketika bekerja untuk anda. 

Mereka tidak akan mau menerima perintah begitu saja, mereka perlu mengetahui metode dan alasan dibalik proses itu. Jika anda berusaha untuk memotivasi pekerja Sagitarius anda, pastikan bahwa anda memberi banyak proyek dan petunjuk bahwa kemungkinan akan ada reward menanti begitu deadline tercapai. Dan apapun yang anda lakukan, jangan pernah pertanyakan tujuan mereka, inilah cara paling cepat untuk memancing kemarahan mereka. Mereka tidak mampu menahan perasaan jengkel karena ditipu.

 
PEGAWAI CAPRICORN
22 Desember-19 Januari
Capricorn adalah zodiac cardinal negatif perbintangan barat urutan ke sepuluh dengan lambang kambing. Capricorn adalah salah satu bintang yang paling bertekad dan paling berambisi besar di dalam zodiac barat. Mereka diam diam mempunyai kemauan dan keinginan yang kuat dan dipenuhi dengan rasa percaya diri yang hebat. Para astrologer percaya bahwa rata rata orang Capricorn mewujudkan impian dan cita citanya dengan secara perlahan namun pasti. 
 
Orang Capricorn juga dikenal praktis, penuh strategi dalam mengerjakan sesuatu dan tidak pernah bertergantungan dengan siapapun juga. Mereka pekerja yang mandiri dan selalu bekerja keras untuk mengejar apa yang mereka inginkan. Mereka sangat fokus dan memperoleh bakat untuk mengatasi banyak hal dalam dunia bisnis mereka sehingga sering kali mereka akhirnya sukses akan hal itu. Capricorn dipengaruhi atau dikuasai oleh planet Saturnus yang disebut para astrologer sebagai planet leluhur. 
 
Planet saturnus di asosiasikan sebagai pertanggung jawaban dan disiplin. Orang Capricorn juga terkenal akan sifatnya yang dingin, tidak banyak bicara atau mengekspresikan perasaannya dan menyimpan banyak sesuatu pada dirinya. Sebagai salah satu lambang zodiac yang paling stabil Capricorn selalu menguburkan dirinya dalam pekerjaan setiap hari dan selalu dikelilingi oleh aura yang melankolis, serius dan jarang sekali bercanda. 
 
Tegas dan tidak mudah goyang, orang Capricorn sulit untuk dibuat senang. Mereka juga orang yang bertradisional dan konvensional, tidak suka perubahan. Pada umumnya orang Capricorn menjalin hubungan sangat awet walaupun proses pendekatannya agak lambat, mereka bukan pasangan yang romantis dan agak pendiam tapi jika mengenai setia dan rasa tanggung jawab maka mereka tidak diragukan lagi. Tanyakan suatu ide pada orang Capricorn maka mereka akan beritahu kepadamu bahwa idemu itu masuk akal atau tidak.
 
Pegawai Capricorn dengan pekerjaan berlebihan adalah pekerja yang bahagia. Mereka butuh banyak proyek dan tanggung jawab. Tidak ada pemandangan yang lebih menyedihkan daripada seorang pegawai Capricorn yang tidak memiliki perasaan tanggung jawab. 

Mereka butuh untuk merasa dibutuhkan. Secara diam-diam mereka ambisius, tidak sering terlihat, tetapi anda akan biasanya segera tahu bahwa mereka sangat serius dan sangat ingin memajukan diri sendiri. Umumnya mereka sangat ‘lurus’, begitu parahnya sampai-sampai mereka ingin merendahkan diri sendiri. Tetapi mereka tidak mudah didorong.

Mereka dapat membuat konsumen paling rewelpun menyerah. ‘Kengototan’ mereka memang luar biasa. Begitu mereka membuat suatu standar keberhasilan bagi diri mereka, mereka akan bekerja sampai berhasil memenuhinya, sampai bahkan menemui kesulitan sendiri, entah tujuannya untuk menjual sejumlah barang atau menjual barang baru. Tetapi mereka tidak mau bekerja gratis. 

Mereka berharap mendapat ganjaran yang besar dan menuntut tanggung jawab yang selalu meningkat. Mereka kemudian perlu maju diatas kelompoknya. Mereka melihat lingkungan kerja sebagai kendaraan utama mereka. Mereka tidak tertarik untuk bergosip ria mengenai kondisi kantor dan politik. Mereka hanya ingin bekerja di kantor dan tidak ada tempat untuk bercanda-canda di kantor. 

Dengan ‘sense of duty’ dan hormat pada atasan yang kuat, sangat jarang terlihat para Capricorn ikut serta dalam menggosipkan boss atau menjatuhkan sistem yang ada. Kecuali, jika mereka melihat ini adalah cara untuk dapat maju dalam organisasi itu. 

Mereka akan sangat merasa frustasi, jika para atasan di atas sana membuat rencana yang sangat tidak masuk akal, dan mereka akan saling menyela dengan sense of humor yang benar-benar ‘garing’ dengan ditingkahi kritik pedas disana sini. Jika mereka menginginkan perubahan, mereka akan selalu memperjuangkannya. Jika semua usahanya tidak berhasil, maka ia akan berada dalam mood yang gelap dan nampak putus asa. Buat pegawai Capricorn anda bahagia dengan membayar mereka dengan gaji yang cukup dan beri mereka kerja yang cukup keras. Atur jenjang karir mereka dalam perusahaan anda. Jika tidak, anda mungkin akan menemukan bahwa mereka sedang mencari-cari kesempatan di tempat lain.


Source :

http://ayahsafa.blogspot.com
http://id.wikipedia.org 
 

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...