Halaman Muka

Kamis, 24 Mei 2012

" Galau.Com "

Si kecil yang sedang " galau.com "
Akhir-akhir ini di kota tempat saya bekerja, di twitter, di FB, di lingkungan tempat bekerja, di tempat arisan ibu-ibu, anak-anak ABG bahkan anak SD sekalipun istilah " galau " sering digunakan. Bagi beberapa kalangan menurut pengamatan saya, istilah "galau" mulai dibicarakan dipertengahan bulan sampai menjelang akhir bulan. Ada juga yang menggunakan istilah "galau" bila sedang bimbang dalam satu atau dua hal yang harus dipilih. Anak saya pun juga menggunakan istilah "galau" bila sedang tidak mood. Y

Yang menarik, banyak yang tidak tahu arti "galau" itu sendiri. Apa sebenarnya definisi dari Galau itu? dan apa yang dimaksud dengan Galau? dan apakah Galau itu "mengerikan" serta membuat kita jadi orang yang tidak berguna bagi yang lain? Susah ya didalam mendefinisikan sebuah kata yang satu ini “Galau“. 

Terlebih dahulu bila Kita simak bersama, kata “Galau” memang mulai popular di dunia OFF-Line dan ON-Line. Entah itu di kampus, lingkungan anak muda maupun di media sosial misalnya saja facebook, twitter, kaskus, dll. Jika anda bertanya-tanya kepada siapapun itu, cukup dengan membaca artikel ini pasti anda akan mendapatkan sebuah gambaran mengenai arti dan definisi dari Galau itu sendiri.


Arti Galau 

Ketika anak saya terlihat sedang tidak "mood", saya bertanya kepadanya, " Kakak kenapa koq lagi ndak semangat ?"  Anak saya menjawab, " Sedang Galau, Yah...". Kemudian saya iseng untuk bertanya kepadanya tentang apa arti galau itu. Yang cukup mengagetkan dia malah balik bertanya, " Kalau menurut Ayah, Galau artinya apa..? Yang penting Kakak sedang Galau." begitu katanya mengakhiri pembicaraan. Repot juga untuk menjawab pertanyaannya.

Beberapa hari kemudian sambil beristirahat, saya iseng-iseng mencari arti kata / istilah galau. Beruntunglah Kita semua yang hidup di era " Mbah Google ", semua data yang pernah terekam di internet pasti tersedia. Nah ini dia rangkuman penelusuran dalam pencarian arti kata / istilah galau.

Apabila diartikan ke bahasa Inggris Galau => Confusion, sedangkan dalam kamu bahasa indonesia Galau => 1. ber·ga·lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran); 2. ke·ga·lau·an n sifat (keadaan hal) galau.

GALAU, versi Kamus Besar Bahasa Indonesia :
ga·lau a, ber·ga·lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran);
ke·ga·lau·an n sifat (keadaan hal) galau

GALAU, versi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V Halaman 407 (2008):
Galau berarti kacau (tentang pikiran); Bergalau berarti (salah satu artinya) kacau tidak  karuan (pikiran); kegalauan berarti sifat (keadaan hal) galau.

GALAU, versi Google Translate dan Kamus Indonesia-Inggris John M. Echols dan Hasan Shadily :
Bahasa Inggris galau adalah hubbub atau confusion. Yang artinya, galau lebih menonjol kepada sebuah suasana pikiran yang sedang dilanda kebingungan.

GALAU, versi bidang psikologi :
Sebuah keadaan dimana kejiwaan seseorang yang memiliki rasa kurang percaya pada sahabat-sahabatnya. Dengan kata lain, saat ia memiliki sebuah masalah lebih cenderung kepada hal percintaan.  Orang tersebut tidak mempercayai saran-saran dan keberadaan orang-orang terdekatnya, cenderung lebih mencintai kesendirian, kesakitan dan ketersesatan, merasa tidak / kurang diperhatikan atau dicintai oleh orang-orang di sekitar, mencari perhatian dan merasa patut di kasihani dengan melakukan aktifitas “update status” pada situs jejaring sosial dengan kalimat-kalimat yang bermakna sakit hati dan kekecewaan, tidak percaya sepenuhnya pada rencana TUHAN.

GALAU, versi anonim positif :
GALAU = God Always Listening Always Understanding

Yang cukup menarik, Saya juga sempat menemukan visualisasi arti kata galau seperti yang  tampak dibawah ini

www.artikata.com
  
Saat ini ada beberapa hal fakta yang menarik tentang istilah "galau" seperti berikut di bawah ini :
  • Galau sudah bergeser makna menjadi sedih. 
  • Galau biasanya erat dengan masalah percintaan. 
  • Banyak orang menikmati masa-masa galau mereka. 
  • Beberapa orang malah menjadi lebih kreatif seiring dengan kegalauan mereka. 
  • Social Media membuat orang jadi melebih-lebihkan kegalauan mereka.

Pada dasarnya galau itu manusiawi. Semua orang pasti bisa merasakan galau. Namun sebelum anda mengumbar kegalauan anda, mungkin ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal seperti dibawah ini:
  1. Galau itu hanya akan menarik dalam kadar yang pas. Jangan berlebihan.
  2. Galaulah yang keren. Jangan ngetwit atau up date status FB dengan sesuatu yang jelas-jelas merupakan perasaan anda, melainkan tulislah sesuatu yang ambigu dan penuh makna (bermanfaat).
  3. Kalau anda tidak bisa menjadi keren, paling tidak jadilah tukang galau yang lucu. Hal ini bisa dilakukan dengan twit-twit / up date status pencitraan yang menjadikan diri anda sendiri sebagai objek komedi yang ironis. hehe
  4. Kalau anda tidak bisa keren atau lucu mending jangan galau.

Tips Mengatasi Galau

Yang paling utama adalah mendekatkan diri kepada yang Maha kuasa, banyak berdoa agar kita terlepas dari kegalauan tersebut. Memohon diberikan jalan dan petunjuk terbaik terhadap penyelesaian permasalahan yang sedang dihadapi. Segera menyelesaikan permasalahan atau penyebab galau itu sendiri, harus diingat bahwa menyimpan masalah dan tidak segera menyelesaikannya bagai menyimpan bom waktu yang sewaktu-waktu pasti akan meledak. Lepaskan dan sampaikan hasrat atau uneg-uneg penyebab galau tersebut, jika kita memendam rasa terhadap seseorang akan lebih baik disampaikan kepada orang tersebut. Walaupun hasilnya terkadang tidak seperti yang diharapkan namun akan lebih meringankan beban perasaan .  

Cobalah memanajemen waktu, jadwalkan waktu khusus dalam sepekan untuk refreshing atau berolahraga. Lakukan kegiatan kegiatan atau rutinitas yang tidak biasa, akan membantu fikiran  menjadi lebih fresh.  Mendengarkan lagu-lagu atau musik yang gembira akan menghantarkan  menjadi lebih segar. 

Mencari orang yang dapat dipercaya untuk bercerita atau curhat terhadap permasalahan yang  dihadapi, walaupun tidak didapat solusi yang terbaik tapi paling tidak ada referensi masukan untuk memecahkan masalah tersebut. 

Selalu berfikir positif (positif thinking, silahkan lihat : Sikap Hidup Bahagia) dalam menjalani kehidupan, buang prasangka buruk . Pergi kepantai, kegunung dan teriak sekeras-kerasnya sampai merasa fresh dan segar. Buang semua kegalauan disana. Itulah beberapa alternatif tips anti galau yang dapat dijadikan bahan referensi , semoga membantu.  

Salam Anti Galau…!!




 

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...