Halaman Muka

Selasa, 10 Juli 2012

Virus Stres


Apakah rekan kerja di samping Anda terus menerus mengeluh tentang berbagai hal? Mulai dari beban kerja, politik, atasan, bahkan pacar yang sangat menyebalkan. Hati-hati, bukan hanya telinga yang risih, Anda juga bisa tertular stres. 

Tanpa  Kita  sadari terkadang dan bahkan sering suasana di kantor dapat menyebabkan kondisi diri tertular stres, meski sejak berangkat dari rumah menuju kantor Kita dalam kondisi yang happy dan prima.


Selain beberapa hal contoh di atas, berita rumor tentang kondisi kantor/kondisi perusahaan, cerita atau berita dari bagian divisi lain atau mungkin juga kantor cabang lain yang belum jelas kepastiannya, dapat juga menimbulkan kecemasan dan stres. Yang pasti, kecemasan dan stres dapat menyebar dengan cepat di tempat kerja sama seperti penyebaran virus flu, demikian kesimpulan sebuah studi terbaru. 

Profesor Elaine Hatfield, psikolog dari University of Hawaii, menemukan bahwa stres 'pasif' dengan cepat menyebar di sekitar tempat kerja.

"Orang-orang tampaknya mampu meniru orang lain antara lain dengan ekspresi wajah, suara, dan dengan postur dengan keakuratan mengagumkan," kata Hatfield. "Konsekuensinya, mereka mampu merasakan kehidupan emosional orang lain masuk dalam pribadi mereka." 

Selama studi, Prof Hatfield menemukan, infeksi penyakit emosional yang terpancar di tempat kerja paling rentan mengenai wanita. Sebab, wanita cenderung lebih sensitif daripada rekan pria. 

"Dalam percakapan, orang secara otomatis dan terus menerus meniru dan mensinkronisasi gerakan mereka dengan ekspresi wajah, suara, postur, gerakan, dan perilaku orang lain," ujar Profesor Hatfield.

Melihat fenomena itu, Chartered Institute of Personnel and Development Inggris menjuluki stres di tempat kerja sama seperti wabah Black Death abad ke-21.

Dari paparan di atas kiranya hanya pribadi yang "kuat", memiliki integritas yang tinggi dan memiliki kemampuan mengolah "informasi" yang dapat bertahan dari serangan virus stres. Mengasingkan diri atau berupaya menjauh dari suasana seperti yang dipaparkan di muka adalah sebuah tindakan yang tidak bijaksana dan tidak mungkin dilakukan. Satu satunya cara adalah punya integritas dan kepribadian yang kuat serta mampu "mengolah informasi" yang diterima. Simple-nya seperti dikatakan orang tua dulu : Ikuti arusnya, namun jangan sampai hanyut atau tenggelam...

Artikel  terkait :

Source :
http://life.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...