By Hendrik Ronald
Saya sering mengatakan biasanya orang sukses melakukan hal-hal dengan
cara yang berbeda. Misalnya saja, di saat kebanyakan orang
men-interview calon karyawan satu per satu, saya malah men-interview 30
orang sekaligus. Di saat hotel-hotel lain tidak memperbolehkan karyawannya menginap,
saya malah mempersilahkan dan memerintahkan seluruh karyawan saya untuk
menginap di hotelnya sendiri. Bagaimana caranya bisa tau apa yang
dirasakan oleh tamu kalau tidak pernah menjadi tamu? Begitu pula dengan peraturan !!
Dua hari yang lalu, seorang karyawan sebuah hotel di Yogyakarta bernama
Wisnu, terpaksa mengambil butter (mentega) dari meja buffet tamu untuk
membuatkan telur kesukaan saya. Dia “membengkokkan” peraturan untuk
memberikan service terbaik untuk customernya !!
Bahkan sang GM-nya sendiri, Pak Bambang bercerita bahwa beliau
pernah diberikan reprimand (surat peringatan) karena perjuangan beliau
memberikan service yang above and beyond (luar biasa) kepada tamu-tamu
dari Jepang. Reprimand yang akhirnya ditarik kembali oleh superior
officer dari kantor pusat.
Karyawan saya sendiri, Sri Wahyuningsih pernah masuk ke dapur, dan
membuat sendiri minuman hangat untuk tamu. Tanpa bill sama sekali. Dia
membuat sendiri dan mengantarkan sendiri, padahal dia bahkan bukan
petugas restoran. Dia bahkan sedang tidak bertugas. Dia lakukan untuk
tamu yang sedang sakit.
Orang-orang yang melanggar peraturan seperti ini, di dunia biasa
harus diberikan hukuman. Namun seperti saya sampaikan, orang-orang
sukses melakukan hal-hal dengan cara yang berbeda.
Anda mau sukses? Berikan penghargaan kepada karyawan anda yang
‘membengkokkan’ peraturan demi customer. Saya sungguh-sungguh. Buat
penghargaannya dan praktekkan !! Anda Setuju?!?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar