Halaman Muka

Senin, 26 Januari 2015

Bagaimana postur bungkuk (kyphosis) mempengaruhi kehidupan Anda sehari-hari?

by Tony Setiobudi in Ankylosing Spondylitis, Back pain, Kyphosis, Neck pain, Osteoporosis, Scoliosis and kyphosis, Spine surgery

"...Postur bungkuk dapat menyebabkan nyeri di otot dari leher ke betis dan kesulitan berjalan. Dengan penanganan yang benar postur bungkuk dapat dicegah, dihambat dan ditegakkan..."


AnkylosingSpondylitis
Gambar diambil dari: Little H. et al. Am J. Med 1976;60:279-285

Postur kyphosis juga dikenal sebagai postur bungkuk. Kondisi medis yang dapat menyebabkan postur bungkuk adalah proses degeneratif pada tulang belakang, ankylosing spondylitis, patah tulang, tumor dan infeksi di tulang belakang. Postur bungkuk terjadi secara perlahan-lahan. Postur kita ketika duduk, slouching dan membungkuk adalah postur yang menyebabkan kyphosis. Selain merupakan masalah kosmetik, postur bungkuk menyebabkan nyeri otot dan membatasi aktivitas sehari-hari.

Masalah yang terkait dengan postur bungkuk adalah kepala menonjol ke depan, ketegangan pada otot dada, ekstensor tulang belakang yang lemah, ketegangan pada leher, pinggul dan lutut yang tertekuk saat berdiri. Oleh karena itu orang dengan postur bungkuk mengeluh nyeri di leher, dada, punggung bawah, pantat, paha dan betis. Pasien dengan postur bungkuk yang parah mungkin mengalami kesulitan berjalan dan membutuhkan tongkat atau walking frame.

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya postur bungkuk?
  • Jaga postur tubuh supaya tegak saat berdiri dan duduk.
  • Mengobati osteoporosis. Jika Anda berumur 60 tahun keatas, Anda perlu dokter untuk memeriksa apakah Anda terkena osteoporosis.

"...Pengobatan osteoporosis secara dini dapat mengurangi risiko patah tulang...."

  • Dalam kasus patah tulang, tumor dan infeksi di tulang belakang, rasa nyeri punggung biasanya parah dan berkepanjangan. Masalah ini perlu diobati dengan segera.
  • Jika punggung merasa kaku pada usia muda, Anda perlu ke dokter untuk memeriksakan apakah Anda terkena Ankylosing Spondylitis. Ankylosing Spondylitis tidak dapat dicegah tetapi prosesnya dapat diperlambat.


"....Jika punggung merasa kaku pada usia muda, anda mungkin terkena Ankylosing Spondylitis...."


Apa yang dapat dilakukan jika postur bungkuk telah terjadi?
  • Anda perlu untuk memperkuat otot tulang belakang (core muscle) untuk menstabilkan tulang belakang dan menghambat laju postur bungkuk. Anda perlu belajar penguatan otot (strengthening exercises) dari fisioterapi


"...trengthening Core Muscle exercises dapat menstabilkan tulang belakang dan menhambat laju postur bungkuk..."

  • Jika postur bungkuk sudah parah dan anda masih relatif muda dan sehat, operasi dapat dilakukan untuk menegakkan tulang belakang. Operasi adalah satu-satunya metode medis yang dapat menegakkan postur bungkuk.


"...Operation is the only effective method to correct severe hunched back..."

Source:
Posting Komentar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...