Halaman Muka

Minggu, 12 Mei 2013

Team Anda Sudah Efektif ?


Suatu survey menunjukkan bahwa kepemimpinan menentukan 60% – 70% kesuksesan dan kepemimpinan yang baik adalah apabila didukung oleh team yang efektif. Banyak kasus kegagalan suatu organisasi disebabkan oleh masalah kepemimpinan dan team yang efektif dimana seorang manager tidak secara optimal dapat menjadikan team nya menjadi team yang efektif. Lalu apa saja ciri tim yang efektif?
Faktor kesuksesan sebuah organisasi yang terbesar adalah kepemimpinan yang tentu dipengaruhi oleh kemampuan leadership manager untuk membentuk dan mengarahkan teamnya menjadi team yang efektif dalam melaksanakan rencana yang harus dicapai. Tanpa team yang efektif, seorang manager tidak akan mampu untuk mengendalikan organisasi. Sehingga diperlukan suatu keahlian yang memungkinkan seorang manager dalam membentuk dan mengendalikan teamnya untuk menjadi team yang efektif.


Keahlian tersebut dimulai dari tahap awal pembentukan team hingga selesainya atau tercapainya tujuan organisasi atau dapat juga dikatakan bahwa proses pembentukan team dimulai berdasarkan proses pembentukan team itu sendiri .
Lalu, bagaimana seorang manager dapat yakin bahwa teamnya telah menjadi team yang efektif? Dalam tulisan ini disebutkan dan dijelaskan beberapa parameter yang menunjukkan ciri-ciri team yang efektif. Ciri-ciri ini dapat dijadikan evaluasi bagi seorang manager dalam proses pembentukan dan pengembangan team menuju team yang efektif. Adapun ciri-ciri Team yang Efektif adalah:
Sasarannya Jelas
Team yang efektif harus memahami sasaran yang harus dicapai. Sasaran akan mendorong anggota team mengarahkan ulang perhatian pribadi ke sasaran team.
Keterampilan relevan 
Team yang efektif haruslah terdiri dari anggota-anggota yang memiliki keterampilan dan kemampuan yang relevan baik keterampilan teknis maupun keterampilan antar-pribadi.
Saling percaya 
Team yang efektif bercirikan kepercayaan timbal balik yang tinggi di kalangan anggota, artinya anggota-anggota yakin akan integritas, watak, dan kemampuan satu sama yang lain. Organisasi haruslah menciptakan budaya yang penuh kepercayaan dengan menghargai keterbukaan, kejujuran, dan proses kerja sama dan yang mendorong keterlibatan karyawan serta otonomi karyawan.
Komitmen yang disatukan 
Para anggota team yang efektif menampilkan dedikasi dan loyalitas yang hebat terhadap timnya. Mereka rela melakukan apa saja yang harus dilakukan untuk menolong berhasilnya tim mereka.
Komunikasi yang baik 
Anggota-anggota mampu menyampaikan pesan-pesan satu sama lain yang gampang dan dimengerti dengan jelas baik verbal maupun lisan
Keterampilan negosiasi 
Team yang efektif cenderung bersifat fleksibel dan terus-menerus membuat penyesuaian. Fleksibilitas ini menuntut anggota-anggota team untuk memiliki keterampilan negosiasi yang memadai
Kepemimpinan yang memadai 
Pemimpin yang efektif dapat memotivasi suatu team untuk mengikuti mereka menempuh situasi-situasi yang paling sulit dengan cara membantu memperjelas tujuan.
Dukungan Internal dan Eksternal 
Maksudnya adalah iklim yang mendukung. Team harus diberikan infrastruktur yang memadai seperti pelatihan, sistem pengukuran yang dimengerti oleh team untuk mengevaluasi kinerja keseluruhan. Secara eksternal, manajemen harus memberikan sumberdaya yang dibutuhkan. Dapat juga membentuk iklim secara eksternal yang mendukung pekerjaan team.
Ciri-ciri di atas dapat menjadi suatu checklist bagi seorang manager dalam melakukan evaluasi terhadap teamnya dan menilainya agar menjadi bahan bagi manager untuk meningkatkan efektifitas team. Dan agar lebih semangat di pagi ini, sebagai penutup mari Kita simak beberapa clips berikut:

Are You Leader...?

Bagaimana Menjadi Pemimpin yang Efektif

Sang Pemimpin

Source:
Posting Komentar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...