Halaman Muka

Senin, 16 Juni 2014

Tugas Medical Representative: Call Dokter


Tugas utama seorang Medical Representative (Medreps / Detailer) adalah melakukan kunjungan secara rutin ke dokter. Ada dokter yang dikunjungi seminggu sekali, ada juga yang cukup 2 kali sebulan. Bahkan untuk dokter-dokter tertentu, ada yang dikunjungi lebih dari sekali dalam seminggunya. Lalu berapakah jumlah yang harus dikunjungi setiap minggunya? Jumlahnya bervariasi pada setiap perusahaan farmasi. Ada yang mewajibkan 12 dokter per hari, dengan demikian, seminggu harus mengunjungi 60 dokter ( Senin-Jum'at, Sabtu apabila masuk, digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan administrasi). Ada pula yang lebih dari itu.

Pertanyaannya adalah, apa tidak bosan ya seorang Medical Representative melakukan hal tersebut berulang-ulang setiap hari, selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun ? Seorang Medical Representative yang profesional tentu akan menjawab : "...TIDAK !..." Sebab dengan melakukan kunjungan rutin tersebut, produk yang dipromosikannya akan diingat dan akhirnya diresepkan oleh dokter. Ini berarti, targetnya akan tercapai, sehingga insentif pun akan didapat. Lagipula setiap Medical Representative tentunya memiliki materi bahasan yang berbeda dalam setiap pertemuannya dengan dokter yang sama, demi menghindari kebosanan juga dari pihak dokter. Untuk itulah dibutuhkan visit plan atau rencana kunjungan untuk menyiapkan bahan apa yang akan disampaikan ketika bertemu dengan dokter.


Untuk menghasilkan sales yang didapatkan dari peresepan sang dokter, tentu saja dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang bagus bagi seorang Medical Representative. bagaimana cara opening, greeting, kemudian melakukan sebuah ice breaking untuk menarik perhatian dokter, lalu masuk dalam presentasi produk, dan akhirnya closing yang mengesankan yang akan diingat oleh dokter. Dibutuhkan jam kerja dan latihan terus menerus untuk mencapai tahapan keahlian seperti ini. Dan harus diingat, apapun yang berupa keahlian, itu berarti bisa dilatih ! Jadi, apabila Anda saat ini merasa menjadi seseorang yang sulit berkomunikasi dengan orang lain, maka bergembiralah! Karena itu berarti ada ruang kesempatan yang bisa digali lagi dari Anda, tinggal bangkitkan kemauan untuk belajar dan berlatih, agar kemampuan berkomunikasi ini menjadi milik Anda!

Dan sebagai penutup, salah satu tips menjadi Med Reps yang sukses mari kita simak clip berikut :

The Convince Doctors with Body Language

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...