Halaman Muka

Senin, 16 Juli 2012

The Zodiak and Performance, Part III

Tulisan terakhir dari Tiga Bagian


Ulasan kali ini adalah tulisan terakhir tentang zodiak dan performance seseorang dalam dunia kerjanya. Bagi yang belum melihat dua tulisan sebelumnya, dapat dilihat pada bagian terakhir dari ulasan ini. Memang ada perdebatan yang cukup intens tentang zodiak yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang individu. Bagi yang menentangnya, terkadang menambahkan data tentang banyaknya ramalan bintang atas dasar zodiak dibeberapa media on line, koran, majalah dan tabloid.

Perlu diketahui bahwa Saya "sama sekali tidak mempercayai" tentang ramalan bintang seperti tersebut di atas. Bagi Saya, adalah hal cukup "aneh" dan tidak rasional adanya sebuah ramalan yang dapat meramalkan keadaan yang belum terjadi termasuk kondisi keuangan, asmara, karier dan lain sebagainya. 

Lalu, bagaimana dengan tulisan yang sedang dibaca ini ?
Tulisan ini tidaklah meramalkan seseorang, namun mendeskripsikan seseorang atas dasar zodiaknya. Pendeskripsian ini sama saja dengan penggolongan sifat individu atas dasar golongan darah atau atas dasar 4 tipe kepribadian (sanginis, korelis dll). 

Dalam sehari-hari, mungkin tanpa Kita sadari, Kita sering memetakan / mendeskripsikan seseorang atas dasar sesuatu hal. Misalnya : Seseorang yang dibesarkan di kota besar akan cendrung lebih PeDe, ekstrovert dan "agresif" dari pada yang dibesarkan di kota kecil. Bisa juga latar belakang pendidikan, seseorang yang berlatar belakang akunting akan lebih cermat dan teliti bila dibandingkan dengan yang berlatar belakang sosial politik (sospol). Dan masih banyak lagi contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Baiklah, mari Kita mulai bagian terakhir dari ulasan tentang Zodiak dan Performance :


PEGAWAI AQUARIUS
(20 Januari-19 Februari)
Aquarius adalah zodiac perbintangan barat urutan ke sebelas dengan lambang pembawa air. Bintang Aquarius dikuasai atau dipengaruhi oleh planet Uranus dan orang yang tergolong dalam bintang ini pada umumnya banyak akal, orang yang mau berkembang atau maju, dan tidak konvensional. Orang Aquarius cenderung susah untuk dimengerti sifat sifatnya yang terkadang aneh. Suasana hati atau moodnya orang Aquarius sering berubah dan tidak tetap. Dalam seketika dia bisa kelihatan ekspresif, banyak semangat dan cerewet dan dalam sekejap mereka bisa berubah menjadi pendiam, murung dan tidak ada semangat. 

Mereka eksentrik, jangan berharap bahwa orang Aquarius akan mengikuti orang banyak, mereka lebih suka menjadi beda dan ingin menjadi lain dari pada yang lain. Orang Aquarius juga merupakan orang yang paling ramah yang suka bergaul dan bersahabat, mereka sangat menonjol dalam lingkungan sosialnya dan gemar berkumpul atau datang ke berbagai acara perkumpulan. Orang Aquarius akan berontak dan melawan berbagai tindakan yang menentang kemanusiaan, mereka baik hati bahkan orang Aquarius bersama Libra berdua adalah bintang zodiac perbintangan barat yang paling berperikemanusiaan. Mereka mencintai persahabatan dan melakukan semaksimal mungkin untuk menentang ketidakadilan. 

Mereka juga tergolong orang yang cerdas dan berpendidikan, para astrologer menganggap Aquarius sebagai lambang kecerdasan atau jenius. Banyak para ilmuwan, penyelidik, profesor dan ahli astronomi yang lahir pada bintang yang satu ini. Sisi negatifnya para Aquarius adalah sifat ketidak sabaran, keras kepala, dan tidak mau mendengarkan nasehat dari orang lain. Mereka sangat mandiri dan kelihatan dingin kadang. Dikombinasikan kecerdasan dengan rasa simpatik yang mendalam terhadap sesama manusia membuat orang Aquarius menjadi salah satu pahlawan terbaik.

Pegawai Aquarius tidak dapat menerima ketidak adilan di kantor. Rencana yang sangat rumit baru akan mendapat tanggapan positif jika ada orang Aquarius terlibat dalam rencana itu. Mereka akan berusaha membuat semua orang melihat sisi baik dari kondisi seburuk apapun. Mereka sangat cerdas, sehingga seringkali menyebabkan pihak manajemen kelabakan jika mereka dirasa tidak adil dan tidak cerdas. Bukan karena mereka terlalu ambisius dan berpikir bahwa mereka dapat mendapat pekerjaan yang lebih baik, mereka hanya berpikir orang yang memiliki kekuasaan harusnya memiliki pengetahuan lebih. 

Kebanyakan pekerja Aquarius masih mencoba mencari diri sendiri, dan cenderung ingin mencoba berbagai pekerjaan di tempat kerja. Apapun yang mereka lalukan, mereka akan melakukan dengan penuh kesadaran. Pada umumnya mereka memiliki etos kerja pribadi yang cukup kuat , dan termasuk didalamnya nilai peribadi yang cukup tinggi. Kecerdasan, intelegensi tinggi, dan kemampuan mereka untuk dapat dipercaya membuat mereka mendapat banyak teman di tempat kerja. 

Dibawah sifat mereka yang terkadang aneh, terdapat pemikiran yang mantap dan kepekaan terhadap sesama karyawan. Manjakan karyawan Aquarius anda dengan memberi beragai kesempatan untuk belajar pengetahuan baru. Kenaikan gaji tidak terlalu penting bagi mereka. Tidak akan ada uang sejumlah apapun cukup untuk menjaga mereka berada di posisi yang sama. Jangan biarkan mereka merasa bosan, atau kalau mereka sampai bosan, mereka akan segera meninggalkan pekerjaan yang sekarang dan akan mencari yang baru, dan itu tidak susah, karena mereka pintar, dan sangat mudah mencari mereka.


PEGAWAI PISCES
(20 Februari-21 Maret)
Pisces adalah zodiac perbintangan barat urutan paling terakhir dengan lambang dua ikan. Pisces adalah lambang negatif yang berelemen air. Pisces dipengaruhi atau dikuasai oleh planet Jupiter, dan orang yang lahir pada bulan ini mereka imajinatif, ramah sikapnya, banyak disukai orang dan sangat sensitif. Orang Pisces jauh lebih sensitif dibandingkan dengan bintang bintang zodiac lainnya. Bahkan para astrologer dunia melihat Pisces sebagai bintang yang paling pemalu dan gugup. 

Orang Pisces mempunyai kepribadian yang menarik, mereka baik hati, simpatik, penuh naluri dan gampang terpengaruh oleh teman, situasi atau keadaan di sekitarnya. Maka dari itu penting bagi warga Pisces untuk berhati-hati untuk memilih tempat tinggal atau teman teman di sekelilingnya. Karena mereka mempunyai karakter yang cukup menarik membuat orang orang Pisces cukup terkenal di lingkungan sosial mereka. Orang Pisces juga mempunyai daya tarik dan bukan tipe orang yang suka mencari ketenaran. 

Mereka yang lahir pada bulan Pisces pada umumnya berbakat dalam bidang kesenian, musik dan kesastraan. Seperti pada lambangnya ikan, orang Pisces menjalani hidup lebih suka memilih untuk mengalir apa adanya. Jarang sekali yang bisa membuat orang Pisces marah tapi jika kesabarannya telah habis mereka bisa menunjukkan kemarahannya yang amat ganas. Mereka mempunyai ingatan yang bagus yang dapat mengingat setiap detil detil kesalahan teman temannya yang telah melukainya. Mereka juga enak diajak bicara, pembawaanya santai dan tidak terburu buru. Karena sifatnya yang simpatik terhadap orang lain membuat orang Pisces cenderung untuk memerhatikan masalah orang lain daripada yang ada pada dirinya. Mereka juga instropektif dan orang Pisces adalah tipe orang berimajinatif yang penuh dengan mimpi.

Pegawai Pisces dapat menjadi orang yang setia dan pekerja keras, atau, jika tidak, hanya menjadi karyawan yang biasa saja. Di posisi yang tepat, mereka mampu menyimpan semua lamunan mereka dan tetap berkonsentrasi di detil pekerjaan yang diserahkan oleh atasan mereka, yang mereka anggap cukup berarti untuk menerima kerja keras mereka. Di sisi sebaliknya, tidak ada gambaran mengenai penderitaan ekstrim selain para pekerja Pisces yang ditempatkan di posisi yang salah. Mereka akan beranggapan bahwa meja kerja mereka adalah sel penjara sambil melamunkan mengenai bisnis atau liburan berikutnya. 


Pisces yang tidak berbahagia tidak akan betah. Seringkali Pisces akan menjadi kutu lompat dari satu pekerjaan ke pekerjaan berikutnya, hanya untuk mencari suasana ideal dimana mereka dapat menumpahkan komitmen dan merasakan visi yang sama. Dan jika akhirnya ternyata kondisi kantor memburuk, para Pisces adalah orang pertama yang akan merasakan hal itu. Mereka cenderung untuk cepat-cepat pindah sebelum benar-benar terjadi. 


Pisces sering disalah tanggapi oleh para rekan kerjanya. Tipikal mereka adalah orang pendiam dan introspektif, maka mereka cenderung menutup sifat alami mereka, karena takut tidak akan pas dengan budaya kantor yang ada. Cobalah untuk memberikan pujian kepada karyawan Pisces anda. Mereka butuh tahu apakah apa yang mereka lakukan memiliki arti dalam skala yang lebih besar. Penerimaan terhadap cara organisasi dan perencanaan mereka yang tidak lazim sangatlah penting. Hanya karena laporan mereka tidak umum bentuknya, bukan berarti bahwa hal itu tidak efektif

PEGAWAI ARIES
(21 Maret-21 April)
Aries, satu symbol pertama bintang zodiac barat dengan lambang domba yang mempunyai tanduk yang melengkung. Orang yang lahir pada bulan Aries ini adalah orang yang penuh aksi, mereka tidak suka bertindak lama, berpikir lama, berbicara lama, tidak sabaran dan cepat dalam melakukan sesuatu. Mereka juga amat agresif, tidak suka akan sesuatu yang bertele-tele, ceroboh dan penuh semangat. Karena mereka tidak suka sesuatu yang bersifat lama, orang Aries cepat bosan dan suka meninggalkan suatu misi lama yang belom terselesaikan ke misi yang baru. Bisa dikatakan bahwa orang Aries adalah orang yang paling tidak sabaran dalam zodiac perbintangan barat. Sebagai lambang zodiac cardinal positif yang mempunyai elemen api, orang-orang Aries juga sangat berbakat untuk menjadi pemimpin, mereka cukup dikenal akan keberaniannya, optimis dan penuh petualang. Mempunyai ambisi yang besar dan suka menjelajah ke berbagai teritori. Mereka idealis namun keras kepala, tidak suka diatur, dan agak egois. Orang Aries selalu menganggap dirinya sebagai nomor satu dan mereka sangat percaya diri dan tidak bisa menerima kritik atau penghinaan. Selain itu orang Aries cenderung agak kasar, tidak selalu berpikir akan perasaan orang lain untuk meraih apa yang diinginkannya dan jika berbicara orang Aries suka asal ngomong, terlalu berterus-terang dan tidak dicerna terlebih dahulu dan sering kali perkataannya itu membuat orang-orang yang berada di sekitarnya tersinggung. Orang Aries juga suka berteman, mencari pergaulan dan suka berada di tengah-tengah keramaian. Orang-orang Aries sangat menonjol dalam lingkungan pergaulannya, semua itu didukung oleh kecerdasan dan sikapnya yang menarik. Dalam dunia percintaan lelaki dan wanita orang Aries juga dikenal sebagai pasangan yang romantis.


Pegawai Aries adalah pemecah masalah yang baik. Mereka cenderung ingin berada di lapangan dan menangani berbagai bidang pekerjaan dan memperbaiki berbagai permasalahan. Mereka tidak akan senang bekerja di belakang meja dalam jadwal penuh mulai jam 9 sampai jam 5 sore. Pegawai Aries yang kebosanan, yang dipaksa untuk tetap fokus dalan suatu lubang kecil akan cenderung resah, uring-uringan, dan ceroboh. 

Gaji sebesar apapun tidak akan mampu membujuk mereka untuk tetap bekerja dalam jadwal rutin. Uang, ternyata, bukanlah alasan mengapa mereka mau bekerja. Mereka tidak ingin dibayar dengan gaji tinggi dan mereka bukanlah orang yang butuh status tinggi untuk memuaskan kecenderungan kompetitif mereka, tetapi yang lebih penting adalah, mereka akan sangat bahagia untuk menerima tantangan proyek baru. Secara tipikal, mereka adalah orang yang memiliki perasaan tanggung jawab tinggi dan membutuhkan perasaan bahwa mereka dibutuhkan. Dan sebagai gantinya, mereka akan memberikan semua usaha mereka dan akan menunjukkan unjuk kerja yang detil dan konsisten. Mereka akan benar-benar bekerja sampai mereka kecapaian untuk membuktikan kemampuan mereka. Jika rekan kerja anda seorang Aries, maka sebaiknya anda memberi mereka kesempatan untuk bekerja secara mandiri demi menjaga agar mereka tetap produktif dan bahagia. Anda bisa juga membiarkan mereka membantu anda.


PEGAWAI TAURUS
(21 April-20 Mei)
Taurus ada di urutan kedua di perbintangan astrology barat dan dikuasai oleh planet Venus. Sifat dasar orang Taurus adalah rajin dan pekerja keras. Sama seperti zodiac astrology Cina yang berlambang kerbau, mereka yang lahir dalam lambang ini adalah orang yang paling rajin dan sekaligus yang paling keras kepala. Kalau sudah memutuskan sesuatu keputusannya tidak bisa diganggu gugat atau dirubah sedikitpun oleh orang lain bahkan keluarganya sekaliguspun. Mereka amat kuat pendiriannya. Namun orang Taurus cukup berani dan tidak mudah menyerah untuk mewujudkan keputusannya tersebut. 

Mereka juga adalah orang yang berani bertanggung-jawab atas perbuatannya dan bisa dipercaya. Dalam melakukan sesuatu umumnya orang Taurus bukan tipe yang asal atau sembarangan. Mereka adalah orang yang taat, menghargai tradisi dan melakukan segala sesuatu berdasarkan peraturan. Orang Taurus juga dikenal tidak mudah marah, tapi jangan mengambil kesempatan dalam hal ini karena jika orang Taurus marah mereka bisa menjadi monster yang menakutkan! Orang Taurus juga tipe orang yang tidak suka berfoya-foya, mereka amat hemat dan irit dalam masalah keuangannya, mungkin inilah salah satunya mengapa orang Taurus sangat stabil. 

Mereka penuh strategi, berhati-hati, baik hati, dan mempunyai daya tarik khas tersendiri yang kuat. Sifat sifat tersebutlah yang membuat orang Taurus menjadi orang tua atau pasangan yang ideal. Umumnya orang Taurus sangat tidak menyukai perubahan dan lebih suka kegiatan yang rutinitas, mereka tidak mudah melepaskan sesuatu. Dalam masalah percintaan orang Taurus sangat romantis dan mempesona, mereka sangat lambat menjalin hubungan tetapi jika sudah dekat sekali hubungan mereka, maka mereka akan melewati masa susah dan senang dengan setia dan tak terpisahkan.


Taurus adalah satu diantara sekian pekerja terhandal. Mereka setia pekerja keras, dan tidak banyak tingkah. Cara mereka bekerja sangat metodologis dan mengikuti perkembangan proyek sampai proyek tersebut selesai. Beberapa akan nampak bekerja sangat lamban. Namun ini biasanya karena mereka sangat berhati-hati. Mereka akan selalu menyelesaikan apa yang mereka mulai. Mereka sangat mengharapkan untuk beker! ja dalam struktur, jadwal, dan rutinitas yang baik. 

Anda akan dapat menemukan bahwa mereka mampu melakukan hal yang sama setiap hari setiap waktu yang sama. Tetapi orang Taurus tidak mudah dikendalikan, sebagaimana nampaknya. Jika mereka bekerja dalam kondisi yang kacau, mereka tidak akan suka, dan akan cenderung gampang mengomel dan menjadi keras kepala. Mereka mungkin juga akan bertindak sama jika mereka harus bekerja diantara orang-orang yang cuek atau suatu pekerjaan yang jelas-jelas tidak memiliki kesempatan untuk berkembang. Orang Taurus tidak akan suka jika mereka tidak melihat adanya tangga untuk didaki. Bahkan dalam kondisi terburuk pun, mereka akan menemukan jalan untuk berkembang secara perlahan, memenangkan hati orang yang paling sulit, dan mereka yang menghalangi jalan perkembangan mereka. 

Para pekerja Taurus akan menerima perintah dengan sabar dan gembira sampai akhirnya mereka menyadari bahwa mereka sedang dimanfaatkan. Mereka akan mau menerima perintah apapun, dan mau mengerjakan pekerjaan kotor apapun, tetapi mereka mengharapkan adanya balas jasa. Mereka mengharapkan balas jasa material, kenaikan gaji, dan kemungkinan kekuasaan yang lebih besar. 

Untuk membuat para Taurus tetap betah bekerja, pastikanlah bahwa mereka menangani proyek yang membuat mereka bisa melihat hasilnya dengan nyata. Sebaiknya sesuatu yang mampu membuat mereka mengekspresikan kreatifitas mereka yang unik sebagai tambahan atas sisi diri mereka yang praktis. Mereka tidak suka terperangkap dalam detil suatu pekerjaan dalam waktu yang lama. Pastikan bahwa anda memiliki jadwal pasti untuk menilai unjuk kerja dan gaji. Penghargaan ini akan membuat mereka tetap setia kepada perusahaan. 


Dari semua ulasan tentang Zodiak dan Performance perlu diingat bahwa pendeskripsian atas dasar zodiak hanyalah salah satu alat bantu dalam "memetakan" seseorang. Dan seiring dengan perjalanan waktu, pendidikan, pengalaman, lingkungan dan "pendewasaan diri" seseorang dapat berubah. 


Saya jadi teringat dengan pesan dari seorang sahabat : "... Siapapun Anda kemarin tidaklah penting, Yang penting jadi apa Anda hari ini dan nanti..."


Artikel lain terkait :
Source :

http://ayahsafa.blogspot.com
http://id.wikipedia.org 
 
 

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...