Halaman Muka

Minggu, 06 April 2014

Negosiasi

thinkstock.com
Anda pasti sering bernegoisasi? Tentu iya, negoisasi bisa dilakukan saat kamu menginginkan sesuatu dari orang tua, atau meminta teman untuk melakukan sesuatau ataupun saat membeli sesuatu di pasar tradisional. Negoisasi juga erat kaitanya saat kamu harus berkerja sama dengan pihak lain, kita membutuhkan pihak lain untuk mendapatkan apa yang kita inginkan atau menutupi kekurangan yang kita miliki.

Negosiasi merupakan suatu keterampilan komunikasi, karena didalamnya kita menyatakan pesan dan melakukan pendekatan secara khusus kepada pihak lain untuk mendapatkan tujuan tertentu. Secara sederhana negosiasi terjadi bila orang lain memiliki apa yang kita inginkan dan kita bersedia menukarnya dengan apa yang diinginkan mereka. Negoisasi ini bertujuan untuk menemukan suatu kesepakatan kedua belah pihak secara adil, dapat memenuhi harapan kedua belah pihak, atau berguna untuk mendapatkan sebuah keuntungan dan atau menghindari kerugian.

Untuk melakukan negoisasi yang efektif kita harus melakukan persiapan. Persiapannya adalah antara lain,
1. Tentukan tujuan yang ingin dicapai. Jika perlu bentuk team negosiasi. Pilih pendekatan dan strategi yang tepat. Buat ikhtisar atau ringkasan tentang alur negoisasi dan pastikan tepat sesuai tujuan

2. mengumpulkan informasi, informasi ini terkait dengan konteks yang ingin kita negosiasikan maupun tentang “lawan” negoisasi Anda. usahakan untuk lebih mengenal profil pihak lawan negosiasi, karena semakin banyak mengenal profil lawan maka semakin menambah percaya diri dan semakin siap memasuki proses negosiasi.

3. Memilih pendekatan komunikasi yang tepat gunakan semua jurus komunikasi efektif (mendengarkan, memberikan umpan balik, mengajukan pertanyaan, menciptakan kesan pertama yang “menggoda”)

4. Ciptakan suasana yang mendukung. Pilihlah tempat yang kondusif. Jangan sampai ada gangguan dalam proses ini. Dan yang tidak kalah pilihlah waktu yang tepat.

Setelah kita mempersiapkan dengan baik negoisasi tersebut, kita masuk ke tahap bagaimana melakukan negoisasi yang efektif. Namun untuk melakukan negoisasi ada satu hal yang harus Anda perhatikan lebih dahulu, yaitu bagaimana mengembangkan filosofi sama-sama menang dalam negoisasi. Setiap orang pasti ingin menang, namun alangkah baiknya jika semua pihak juga tidak merasa dirugikan atas “kemenangan” pihak lain.

Sama-sama menang ini seyogyanya tidak saja menghasilkan kompromi saja, yang mengharuskan satu pihak merasa “mengalah”. Namun juga harus ada sinergi yang bisa menimbulkan nilai tambah dari negosiasi tersebut. 

Berikut ini hal-hal yang harus  perhatikan saat melakukan negoisasi :
1.Meraih perhatian,
Gunakan “rahasia mencipakan kesan pertama”. dapatkan perhatian dari pihak lawan. Tunjukan bahwa proses negoisasi ini akan berjalan “menarik”

2.Melatih pemahaman
Latihlah pemahaman. Coba pahami apa yang diingkan pihak lain. Berusahalah memahami dulu sebelum Anda ingin dipahami orang lain.

3.Membangun minat dan keyakinan
Ungkapakan hal-hal yang menarik yang ditawarkan. Buat pihak lain merasakan manfaat yang bisa diberikan. Bangun keyakinan bahwa apa yang dinegoisasikan menguntungkan kedua belah pihak

4.Mengatasi keberatan
Terkadang apa yang pihak lain tawarkan tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Cobalah untuk memahami dan beranilah terbuka. Jika hal tersebut membuat keberatan pada satu pihak, ungkapkan. Beri alasan yang bisa diterima. Dan berilah alternatif lain yang bisa saling menguntungkan.

5.Mengajak membuat keputusan.
Arahkan untuk membuat keputusan bersama. Setiap tahap negoisasi mempunyai keterbatasan waktu. Kita harus mampu membuat keputusan bersama. Jangan terlalu lama menunggu. Jika memang harus segera ada keputusan, bersegeralah. Jika memang tidak mendesak, sepakati kapan keputusan bisa dibuat.

Sebagai penutup, mari Kita simak clip berikut :

Negosiasi by Binus

Negotiation Course by SBM ITB

Posting Komentar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...